Kecerdasan majemuk Howard Gardner-deskripsi, minat, potensi individu, tugas yang berhubungan
Bentuk kecerdasan : ii Lingustik
Deskripsi : Bahasa dan kata-kata. Menulis dan berbicara; mengingat; interpretasi dan penjelasan ide-ide dan informasi melalui bahasa, mengerti hubungan antara komunikasi (lisan) dan makna.
Peran, minat, potensi : Penulis, pengacara, jurnalis, pembicara, instruktur, copy-writers, guru bahasa inggris, penyair, editor, ahli bahasa, penerjemah, konsultan Public Relation, konsultan media, presenter TV dan radio, voice-over artistes.
Aktivitas yang berhubungan : I menulis instruksi; membicarakan sebuah topik; mengedit hasil tulisan; menulis pidato; mengomentari sebuah kejadian; membubul suatu cerita.
Gaya belajar yang dipilih : Bahasa dan kata-kata
Bentuk kecerdasan : I Logika-Matematika
Deskripsi : Pemikiran Logis. Mendeteksi pola, deduksi dan penalaran ilmiah, menganalisis masalah, melakukan perhitungan matematis, memahami hubungan sebab akibat yang mengarah pada hasil yang dapat diprediksi.
Peran, minat, potensi : Ilmuwan, teknisi, ahli komputer, akuntan, ahli statistik, peneliti, analisis, pedagang, ahli pembukuan bank, agen asuransi, negosiator, pembuat kesepakatan, pemecah masalah, direktur.
Aktivitas yang berhubungan : menghitung perhitungan aritmetika, menyusun langkah-langkah untuk mengukur sesuatu yang sulit, menganalisis bagaimana sebuah mesin bekerja, menyusun strategi untuk mencapai tujuan, mengukur nilai dari sebuah usaha.
Gaya belajar yang dipilih : angka dan logika
Bentuk kecerdasan : ii Musik
Deskripsi : Kemampuan musik. Kesadaran, apresiasi dan menggunakan suara, memahami hubungan antara suara dan perasaan.
Peran, minat, potensi : Musisi, penyanyi, komposer, DJ, produser musik, teknisi akustik, entertainer, perencana pesta, penasihat lingkungan dan suara, pelatih vokal.
Aktivitas yang berhubungan : I memainkan alat musik, menyanyikan lagu, memeriksa ulang pekerjaan musikal, melatih seseorang untuk bermain instrumen musik.
Gaya belajar yang dipilih : I Musik, suara, dan ritme.
Bentuk kecerdasan : Jasmani-Kinestetik
Deskripsi : Kontrol gerakan tubuh. Keterampilan tangan, keseimbangan, dan ketangkasan fisik, koordinasi mata dan tubuh.
Peran, minat, potensi : penari, demonstrator, aktor, atlet, penyelam, olahragawan, tentara, pemadam kebakaran, artis panggung, ahli ergonomi,iosteopaths, nelayan, supir, pengrajin, tukang kebun, koki, ahli akupuntur, tabib, petualang.
Aktivitas yang berhubungan : Bermain sulap, mendemonstrasikan teknik olahraga, melakukan pantomim, memainkan layang-layang, mengajari posisi tubuh ketika bekerja, menilai kelayakan iiiiiialat kerja.
Gaya belajar yang dipilih : pengalaman dan gerakan fisik, menyentuh dan merasa.
Bentuk kecerdasan : Spasial-Visual
Deskripsi : Persepsi visual dan spasial. Interpretasi dan pembentukan gambar visual, ekspresi dan imaginasi gambar, memahami hubungan antara gambar dan maknanya.
Peran, minat, potensi : seniman, desainer, kartunis, arsitek, fotografer, pemahat patung, ahli tata kota, visionaris, penemu, teknisi, konsultan kosmetik dan kecantikan.
Aktivitas yang berhubungan : I merancang pakaian, interpretasi lukisan, mendesain interior ruangan, membuat logo resmi, merancang bangunan.
Gaya belajar yang dipilih : ii gambar, bentuk, dan ruang tiga dimensi
Bentuk kecerdasan : Interpersonal
Deskripsi : persepsi perasaan orang lain. Kemampuan untuk berhubungan dengan orang lain, interpretasi perilaku dan komunikasi,imengerti hubungan antara orang dengan situasi sekitarnya termasuk orang lain.
Peran, minat, potensi : terapis, HR profesional, mediaor, pemimpin, konselor, ahli politik, pendidik, salesman, psikolog, guru, dokter, perawat, pelatih, mentor; terdapat hubungan yang jelas antara tipe inteligensi ini dengan apa yang tersirat pada inteligensi emosional/EQ
Aktivitas yang berhubungan : Menginterpretasikan mood dari ekspresi wajah, mendemonstrasikan perasaan melalui bahasa tubuh, mempengaruhi perasaan orang lain dengan terencana, menasihati orang lain.
Gaya belajar yang dipilih : Hubungan manusia, komunikasi, kerjasama, tim kerja.
Bentuk kecerdasan : Intrapersonal
Deskripsi : kesadaran diri. Tanggung jawab personal/individu, objektivitas personal, kemampuan untuk memahami diri sendiri, hubungan seseorang dengan orang lain dan sekitarnya, kebutuhan seseorang, dan reaksi untuk berubah.
Peran, minat, potensi : seseorang yang memiliki kesadaran terhadap dirinya dan terlibat dalam proses perubahan pemikiran pribadi, kepercayaan dan sikap yang berhubungan dengan situasi mereka, orang lain, tujuan dan harapan mereka – dalam hal hiini, terdapat kesamaan dengan tingkat aktualisasi diri Maslow, dan terdapat hubungan yang jelas antara tipe inteligensi dan apa yang dimaksud EQ sekarang.
Aktivitas yang berhubungan : mempertimbangkan dan memutuskan tujuan diri sendiri dan perubahan yang dibutuhkan untuk mencapai hal tersebut. Menyadari ‘Jendela johari’ diri, dan memutuskan suatu pilihan untuk berkembang, sadar dan memutuskan posisi diri yang berhubungan dengan model inteligensi emosi.
Gaya belajar yang dipilih : refleksi diri, penjelajahan diri.
post link :
LDII SULSEL
LDII UNTUK SEMUA
LDII PUSAT
MUI
post link :
LDII SULSEL
LDII UNTUK SEMUA
LDII PUSAT
MUI